Selain menggunakan software, kita dapat mengubah file system dari UFD kita dengan langkah yang lumayan praktis. Caranya akan saya bahas disini. Tetapi sebelum memulai ada baiknya kita mengucapkan Bismillah dahulu sebelum memulai sesuatu..

Langkah-langkahnya adalah :

  1. Masuk ke Windows Explorer

  2. Klik Kana pada icon Flash Disk anda > properties, kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Disana bisa dilihat bahwa flash disk tersebut formatnya masih FAT 32.

3. Klik tab hardware kemudian klik properties atau double klik pada USB Flash Disk

4. Setelah itu klik tab policies

5. Klik pilihan optimize for performance, kemudian ok

6. Setelah itu klik kanan pada icon Flash Disk di Windows explorer, pilih format. Setelah itu baru ada pilihan NTFS,    kemudian klik start untuk memulai memformat USB Flash Disk anda.

Oh, ya ada sedikit info PENTING nih. Kebanyakan orang ketika ingin mencabut USB Flash Disk selalu dengan safely remove hardware, dan menganggap jika tidak dengan safely removable hardware maka USB Flash Disk atau PC akan rusak. Itu semua adalah mitos yang salah..

Tadi sudah dapat kita lihat pada tab policies di menu USB Flash Disk USB Properties tadi, bahwa ada dua pilihan, yaitu :

  • optimize for quick removal

pilihan ini adalah default dari semua pabrikan USB Flash Disk. Pada pilihan ini kita dapat langsung mencabut USB Flash Disk dari PC tanpa harus safely removable hardware.

  • optimize for performance

pada pilihan ini setiap kali kita mencabut USB Flash Disk dari PC maka harus dengan safely removable hardware, karena jika tidak akan menyebabkan kerusakan pada USB Flash Disk, baik fisik maupun drivernya.

Format NTFS UFD Lewat Command Prompt

Selain dengan cara diatas ada satu lagi cara , yaitu mengubah format UFD anda lewat Command Prompt. Langkah-langkahnya cukup mudah neeh..

1.  Pastikan UFD Anda memiliki free space minimal 25 MB, dan ini tergantung dari spesifikasi dan kapasitas UFD Anda. Jika UFD Anda memiliki free space di atas minimal, Anda bisa mengikuti cara ini, selebihnya, free up free space Anda       dengan menghapus/memindahkan file-file tidak terpakai ke dalam hard disk drive Anda.

2.  Setelah itu (untuk semuanya), buka CMD via Start Menu > Run > “cmd” (tanpa tanda kutip). Atau via Start Menu >  All Program > accessories > Command Prompt. Command Prompt akan terbuka, kemudian ketikkan command berikut :
convert [UFD-drive]: /fs:ntfs
di mana [UFD-drive] adalah drive name pada UFD Anda, contoh : D, E, F, G, dsb. contohnya disini saya memakai  UFD dengan drive H, maka command yang saya ketikkan adalah “convert H: /fs:ntfs” (tanpa tanda petik).

3.  Proses konversi file system ke NTFS akan berjalan. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, dan setelah konversi selesai, UFD Anda secara otomatis akan ber-file system NTFS.

Selamat mencoba, jangan lupa membaca Hamdalah setelah selesai mencoba….

%d bloggers like this: