Sekarang ada istilah ngetren pada bidang TI, yaitu FOSS. Apaan seh FOSS itu…? FOSS adalah singkatan dari Free/Open Source, yaitu program yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna menjalankan program untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. Dengan kata lain, FOSS itu adalah software yang bebas dan gratis..tis..tisss…. Produk FOSS yang paling terkenal dan menjadi fenomena adalah Linux, sebuah Operating System UNIX yang terkenal dengan OS yang free, berbeda dengan Microsoft Windows yang untuk memakainya kita harus membeli lisensinya dengan kocek yang lumayan.

Tapi, dengan perkembangan FOSS yang sangat pesat, terutama di Indonesia akhir-akhir ini timbul sebuah pertanyaan. Apakah FOSS itu semuanya free alias gratis tidak ada biaya sama sekali? Jika gratis tentunya tidak dapat dijadikan ladang bisnis nih??

Tentunya Ini benar hanya untuk tingkatan tertentu, misalnya tidak perlu biaya izin untuk mendownload atau menggandakan, misalnya iso CD BlankOn atau Fedora.

Tetapi, meskipun gratis FOSS dapat menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan lho…! Ada 4 bidang bisnis dari FOSS ini,

1. Pengembangan

Misalnya seorang progammer diminta untuk membuat/mengembangkan program, tentunya dengan bayaran. Tetapi, sang pengembang yaitu progammer tidak menjual lisensi program tersebut. Dan program tersebut bebas untuk dipakai, diperbanyak, dan dikembangkan tentunya.

2. Support

Seorang teknisi tentunya akan memperoleh uang dengan menginstall FOSS( dalam hal ini kebanyakan Linux) ataupun memperbaiki sistem yang rusak pada Linux.

3. Pelatihan

Akhir-akhir ini pelatihan Linux sudah banyak, dan tentunya pelatihan tersebut bukan pelatihan yang gratis. So, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan tersebut kita dapat mendulang uang yang lumayan.

4. Kustomisasi

Kustomisasi agak mirip dengan bidang yang pertama, yaitu pengembangan. Misalnya, kita diminta untuk memodifikasi software tersebut unutk keperluan yang khusus oleh sebuah perusahaan atau instansi, yang tentunya kita akan mendapatkan uang dari hal tersebut.

So, meskipun FOSS itu bebas dan gratis(untuk dipakai, disebarluaskan, dan dikembangkan), bukan berarti tidak bisa dijadikan ladang bisnis bagi kita(apalagi yang punya keahlian tentunya). Tentunya bisnis dari bidang FOSS ini cukup menggiurkan..

%d bloggers like this: