Pengertian Algoritma

Algoritma sebenarnya bukan sesuatu yang asing bagi kita. Penemunya adalah seorang ahli matematika Muslim dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil. Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya.

Jadi, pengertian Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

Algoritma adalah jantung dari ilmu komputer atau informatika, tetapi tidak identik dengan komputer saja karena algoritma selalu dipakai dalam sehari-hari. Contohnya adalah dalam resep memasak dengan langkah-langkahnya yang sistematis. Dan masih banyak lagi kegiatan sehari-hari yang merupakan algoritma. Bedanya adalah dalam dunia TI algoritma dipakai dalam bahasa pemrograman, karena komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus dituliskan dalam bahasa pemrograman.  Bahasa pemrograman ada banyak, antara lain Pascal, C, C++, Basic, Fortran, Labview, Java, dll.

sumber : ilmukomputer.com

%d bloggers like this: